Konferensi Cabang IPNU-IPPNU XI Kota Semarang


 Sebelum saya bercerita, saya akan memberitahukan apa sih IPNU-IPPNU itu? Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (disingkat IPNU) adalah badan otonom Nahldlatul Ulama yang berfungsi membantu melaksanakan kebijakan NU pada segmen pelajar dan santri putra.  Sedangkan IPPNU adalah Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama yaitu badan otonom NU yang berfungsi membantu melaksanakan kebijakan NU pada segmen pelajar dan santri putri. Intinya IPNU-IPPNU itu adalah suatu organisasi yang dibawah naungan NU yang membantu kebijakannya untuk segmen pelajar dan santri.

Semarang, 23-24 Februari 2013 telah terselanggara Konferensi Cabang (Konfercab) IPNU-IPPNU ke XI Kota Semarang. Acara ini berlangsung di MA Taqwal Ilah, Tembalang, Semarang. IPNU-IPPNU Sebagai wadah awal kaderisasi untuk Organisasi islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama telah melakukan pergantian kepengurusan untuk periode 2013-2015. Hal ini tentunya merupakan salah satu acara terbesar dan terberat IPNU-IPPNU karena menyangkut masa depan organisasi itu sendiri, survive or die

Acara yang bertema "Mencetak Pejar Mandiri, Berkaraktere serta Berwawasan Kenagsaan: Upaya Mencegah Gerakan Radikalisme di Kalangan Pelajar" ini tidak kurang dihadiri oleh sekitar 300 peserta.  Peserta terdiri dari wakil Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Ranting, Pimpinan Komisariat IPNU-IPPNU Se Kota Semarang dan para tamu undangan. 

Dari awal sampai akhir acara ini berlangsung cukup meriah, karena para peserta yang sangat antusias mengikuti acara ini. Pada acara pembukaan dihadiri oleh para petinggi pemerintahan Kota Semarang. Diantaranya, Dandim Kota Semarang, Kementrian Agama (Kemenag), Kapolrestabes Semarang, KNPI, HIPMI All Jajaran Organisasi NU, dan tidak ketinggalan Plt. Kota Semarang juga hadir dalam acara ini. Acara ini tentunya bukan acara main-main karena dari tamu undangan yang hadir bahwa organisasi ini memang benar-benar mendapat perhatian khusus dan dukungan penuh dari jajaran pemerintahan Kota Semarang. Oleh karena itu siapapun ketua yang terpilih dalam konfercab ini harus bisa membentuk kader yang handal dan tentunya harus terus bersinergi dengan pemerintah Kota Semarang.

Selain diisi dengan sidang-sidang seperti konferensi organisasi lain pada umumnya, acara ini juga diisi dengan seminar-seminar yang tentunya isinya sesuai dengan tema dan diisi oleh para pakarnya. Menurut saya, yang cukup penting dalam acara ini adalah pada saat sidang. Sidang sendiri terdiri dari sidang komisi, sidang pleno, sidang tata tertib dan sidang pemilihan ketua. Mengapa cukup penting, karena pada sidang ini akan dibahas mengenai peraturan, ketentuan dan materi lainnya yang hasilnya akan dilaksanakan oleh kepengurusan selanjutnya. Mengingat, moment ini adalah semua Anggota IPNU-IPPNU sampai tingkatan paling bawah hadir dalam acara ini dan mereka lah yang membahas dan menentukan isi dalam sidang ini.

Namun, acara yang paling penting dalam acara ini saat pemilihan ketua IPNU-IPPNU untuk periode berikutnya. Prosesi pemilihan ketua ini dipimpin langsung oleh dari Pimpinan Wilayah IPNU-IPPNU Jawa Tengah. Dalam pemilihan ketua ini, masing-masing wakil dari Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Ranting dan Pimpinan Komisariat memiliki 1 suara untuk memilih kandidat ketua. Dan akhirnya terpilihlah dua bakal Calon yang akan dipilih untuk menjadi ketua, unutk IPNU yaitu Rekan Ahmad Shobarudin (Gunung Pati) dan Rekan Syamsul Nasir (Genuk). Sedangkan untuk IPPNU adl wakil dari Tembalang dan Genuk.

Prosesi pemilihan Ketua IPPNU berjalan cukup mulus dan aklamasi karena Wakil dari Tembalang menang telak dari wakil Genuk. Sedangkan dari IPNU agak sedikit alot dan berlangsung cukup lama karena  ada peserta yang masih mempermasalahkan mengenai tata tertib dan keabsahan suara untuk pemilihan ini. Finally, ada salah satu kandidat beserta pendukungnya yang Walk Out dari ruangan. Akhirnya perwakilan dari Gunung Pati yang menang secara aklamasi dari pemilihan ini. Dear Rekan Ahmad Shobarudin (Gunung Pati) dan Rekanita Iin Yuana Prastika (Tembalang) Selamat Anda terpilih menjadi ketua IPNU-IPPNU Kota Semarang 2013-2015, Semoga Kalian bisa membawa Organisasi sesuai dengan Visi dan Misi Organisasi dengan baik dan sukses. 

Ingat Pemenang Sejati Bukanlah Orang yang Bisa Mengalahkan Lawannya, Tapi Pemenang Sejati adalah Orang yang Bisa Mengalahkan Dirinya Sendiri dan Tak Pernah Menyerah. Keep Fight!! Belajar, Berjuang, Bertaqwa dan Keep Stay Be Good, Be Cool and Be Better. :)

Opening Ceremony: Tahlil

Opening Ceremony: Sambutan panitia

Opening Ceremony: Sambutan dari Shohibul, Bpk Ulil Albab (Bait Kepsek MA Taqwal Ilah)

Opening Ceremony:Sambutan dari Pimpinan Wilayah IPNU Jawa Tengah

Opening Ceremony:Sambutan Ketua PCNU Kota Semarang

 Opening Ceremony:Sambutan Plt. Walikota Semarang, Bpk. Hendy

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus PC IPNU 

Sebelum Pemilihan Ketua

Logo Konfercab XI IPNu-IPPNU Kota Semarang




Comments

  1. Aneh, berita yang aneh.
    1.Kenapa harus menjalankan visi misi ketua sedangkan IPNU IPPNU punya visi misi tersendiri. Inilah keanehan kader IPNU IPPNU karbitan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenali, Dekati dan Nilai...
      Maaf saya hanya menulis sesuai dengan apa yang terjadi saat itu, dari kacamata seorang blogger bukan organisasi.

      Delete
  2. alah. kakean korupsi. korupsi.

    ReplyDelete
  3. Anda yang mempunyai saran "dekati, kenali, dan nilai"
    bukankah itu untuk diri anda sendiri.
    Kalau melihat dari kacamata seorang bloger, seharusnya anda jangan masuk dalam ranah organisasi orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok terimakasih sarannya,,,

      But, So what? Anda melarang saya berorganisasi, itu hak saya dan Anda tidak bisa mengatur diri saya. Terus yang Anda maksud Berita yang aneh itu apa ya? saya tidak tahu Anda dan yang Anda maksud itu apa, Anda kalau mengaku Kader IPNU yang tidak Karbitan, Seharusnya Anda cerdas dalam menilai dan membaca apa yang saya tulis diatas. I Just Wrote The Happen and I didnt discredit anyone and You dont prejudice. Thx. :)

      Delete
  4. bukan melarang tp mengingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apanya yang diingatkan? apa saya salah? salahnya dimana? mohon komentar yang jelas, logis dan berdasar :)

      Delete
  5. Adakah kalimat saya yang melarang anda berorganisasi,
    adakah kalimat saya yang menyatakan saya bukan Ipnu karbitan.
    Anda terlalu mudah menyimpulkan sebuah kalimat mungkin anda orang yang sensitif. Tulisan anda bisa dilihat semua blogger, juga ada kolom komentar yang disediakan untuk semua orang yg ingin komentar juga.

    Anda mengatakan hanya menulis, jangan tersinggung jika saya mengatakan hanya mengisi kolom komentar.
    Bersikaplah seperti lelaki kalo tdk bisa menjadi laki2 sejati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sebelum komentar anda semakin tidak jelas, maka akan saya klarifikasi dulu:
      1. di komen anda yg pertama anda menyebut tulisan saya adl berita aneh. yang dimaksud dg berita yg aneh itu apa? atas dasar apa anda menyebut ini berita aneh? bisa anda jelaskan?
      2. Anda berkomentar juga mengenai "keanehan kader karbitan"' yg dimaksud anda siapa? ini menunjukkan bahwa anda menuduh orang (entah siapa) sebagai kader karbitan. selain itu, statement ini juga mengisyaratkan bahwa anda bukan kader karbitan. seharusnya anda cerdas dalam menafsirkan kalimatnya.
      3. di komen selanjutnya anda menulis "seharusnya anda jangan masuk dalam ranah organisasi orang", itu berarti anda melarang orang (yg bukan anak IPNU) untuk bergabung dg IPNU. Anda merasa ini organisasi ini milik anda?hei bung... saya juga anak IPNU, sekarang anda pikir dengan logis buat apa coba saya mengikuti acara Konfercab dari mulai sampai selesai lalu saya menuliskan dalam blog saya kalau saya bukan anak IPNU? its just waste my time. :) So? salah ya kalau saya menulis ini sebagai dokumentasi dan materi blog saya?
      4. anda menulis lagi saya sangat sensitif, yess!! saya memang sangat sensitif terhadap komen-komen yang tidak masuk akal dan hanya berkoar-koar tanpa dasar yang jelas. its so weird..
      5. Blog ini memang dibaca oleh siapapun, seharusnya anda yang berhati-hati karena komentar anda lah yang akan dinilai oleh orang lain. komentar yang tidak masuk akal dan tidak berdasar. dan ini hanya akan mematikan karakter anda sendiri sebagai blogger yang "asal ngomong" tanpa berfikir.
      5. Anda bilang "saya hanya menulis"' mohon di baca terusannya, be wise bro!! kalau anda cuma mau bilang berkomentar aja itu adalah jawaban yang sangat bodoh menurut saya. anda berkomentar tentunya mempunyai tujuan, begitu saya menulis tulisan pasti punya tujuan yang jelas.
      6.Bersikaplah seperti lelaki kalo tidak bisa menjadi laki2 sejati. Ok. kalau anda memang lelaki sejati saya tantang anda untuk membuat tulisan seperti ini, dan nantu URL nya mohon tuliskan di komentar. lelaki sejati tidak akan menjadi pengecut, yang hanya bisa mbacot doang tanpa bukti.
      7. Saya berpesan kepada anda "jangan mengurusi orang lain kalau anda belum bisa mengurusi diri anda sendiri". jangan mengganggu blog orang lain kalau anda belum bisa membuat tulisan untuk blog anda sendiri.

      be wise and dont be pathetic!!! :)

      Delete
  6. Adakah kalimat saya yang melarang anda berorganisasi,
    adakah kalimat saya yang menyatakan saya bukan Ipnu karbitan.
    Anda terlalu mudah menyimpulkan sebuah kalimat mungkin anda orang yang sensitif. Tulisan anda bisa dilihat semua blogger, juga ada kolom komentar yang disediakan untuk semua orang yg ingin komentar juga.

    Anda mengatakan hanya menulis, jangan tersinggung jika saya mengatakan hanya mengisi kolom komentar.
    Bersikaplah seperti lelaki kalo tdk bisa menjadi laki2 sejati.

    ReplyDelete
  7. Semakin sensitif anda menulis item demi item.
    Menyimpulkan atas penafsiran pribadi.
    Mencaci orang yang dibenci.
    Apakah anda sudah masuk pada ranah amarah emosional?

    ReplyDelete
  8. Karena ada pertanyaan, saya jawab yak.
    1. Tentang hal aneh, sudah sedikit saya jelaskan pada kolom komentar awal bro.
    2. Mungkin inilah kecerdasan anda dalam menafsirkan permasalahan.
    3. Lagi lagi anda menafsirkan menurut kesensitifan anda. Saya menyukai NU dan syukurlah anda mengakui diri anda sebagai anak IPNU, jadi anda pasti paham tabayun, tawasut dan tasamuh. Itu saja.
    saya tidak menyalahkan anda menulis, jadi jangan salahkan saya berkomentar.
    4. Alhamdulillah tebakan saya benar. Biasa aja bro, gausah sensi lebay.
    5. Saya siap dinilai baik buruk. Terimakasih diingatkan hati hati. Ini tidak saya jawab karena saya anggap masukan bagi saya.
    Nmr 5 lagi. Saya mungkin tidak secerdas penafsiran2 anda, mungkin anda ahli tafsir.
    6. Tarik nafas dulu ah biar gag esmozi.
    Menurut saya menjadi lelaki sejati tidak perlu menulis seperti yang anda tulis biar dianggap lelaki sejati. Baiklah, saya mengakui anda lelaki sejati berdasarkan foto profil anda. (foto pake tangan ndiri ya bro?)
    7. Ok lah, saya anggap ini saran. Saran apapun saya terima. Kalau dianggap mengganggu ya maap. Semoga tidak mengganggu tidur nyenyak anda.
    8. Eh ada 8 gag ya.
    Gpp wis, semoga tidak dihapus komentar ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts