Transportasi dari Semarang ke Tasikmalaya.

Long weekend sudah di depan mata. Pasti kamu sudah banyak sekali rencana yang akan dilakukan untuk mengisi long weekend besok. Atau malah belum ada sama sekali rencana mau ngapain untuk long weekend besok?wah jangan berkecil hati, anyway gajian untuk bulan November sudah di dompet kan? Hehe

Long weekend/hari libur panjang memang selalu diidentikkan dengan "pergi kemana" biar dianggap sudah afdhal kalau kamu liburan. Mungkin sudah ada banyak referensi tempat wisata yang akan kamu kunjungi kan?. Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan dari Semarang ke Barat bagian Selatan atau ke Ciamis, Tasikmalaya, dan sekitarnya jangan khawatir dan jangan bingung mau naik apa kesana nanti.

Berikut saya share beberapa jenis alternatif transportasi yang bisa digunakan apabila akan bepergian dari Semarang (karena saya tinggalnya di Kota Tercinta Semarang) ke Tasikmalaya. *Based On Experience*yah...

1. Pesawat Terbang

Mungkin bagi sebagian besar banyak orang yang belum mengetahui kalau di Tasikmalaya terdapat bandar udara. Bandar Udara ini memiliki kode TSY. Bandar Udara di Tasikmalaya ini sangat dekat dengan Kota, hanya sekitar 15 menit saja. Tetapi kalau kamu mau naik pesawat dari Semarang (SRG) ke sini, sepertinya harus transit dulu di Jakarta (HLP) karena kalau langsungan dari SRG ke TSY itu tidak ada. Nah, setelah kamu transit di HLP baru dah baru bisa terbang ke TSY
Untuk Ongkosnya kira kira 700 ribuan kali yah (tergantung maskapainya yah) tetapi Jam penerbangan dari HLP ke TSY itu terbatas dan sedikit. Untuk info lebih lanjutnya bisa di cek sendiri yah di website-website penyedia jasa tiket penerbangan.

2. Kereta Api

Ini nih alat transportasi sejuta umat. Well, di Tasikmalaya itu ada stasiun loh guys. Stasiunnya terletak di tengah kota. Jadi kalau mau kemana-mana ga usah bingung. Nah, untuk pilihan kereta api ini yang dari Semarang langsungan ke Tasikmalaya Juga tidak ada. Jadi, kamu naik kereta api bisa transit dulu ke Purwokerto lalu dari Purwokerto dilanjutkan ke Tasikmalaya. Kalau mau mengunjungi Bandung dulu juga bisa, tetapi waktunya lebih panjang. Untuk menyesuaikan jadwal kereta dari Semarang ke Purwokerto ke Tasikmalaya biar tidak terlalu lama menunggu juga terbatas. Sepertinya dari Semarang ke Purwokerto pagi hari lalu dari Purwokerto ke Tasikmalaya di sore harinya.Estimasi waktunya kalau tidak salah sekitar 10 Jam perjalanan Kalau untuk masalah waktu dan tiket tergantung kebijakan dari PT KAI yah, kemungkinan sewaktu waktu bisa berubah yang jelas kalau mau naik kereta dari Semarang ke Tasikmalaya itu BISA.

3. Bus

Kalau pesawat dan kereta dari Semarang ke Tasikmalaya harus transit transit dulu, nah kalau kamu mau naik bus ada kok yang langsungan dari Semarang ke Tasikmalaya. Namun, pilihan bus nya sedikit sekali kalau tidak salah cuma ada 2 deh. Bus Budiman dan Prima Jasa. Kalau Bus Budiman tarifnya 120rb itu sudah termasuk makan 1 kali loh guys. Jadi kamu tidak perlu takut kelaparan pada saat di bus nanti. Bus Budiman ini rutenya melewati Magelang, Purworejo, Purwokerto, Ciamis dan Tasikmalaya. Tapi, kalau seandainya kamu pengen berhenti di sepanjang jalan yang dilalui bisa kok. Untuk estimasi perjalanannya kurang lebih sekitar 10 jam (kayak naik kereta ya) atau bahkan bisa 9 jam, ini tergantung kondisi kepadatan dan keadaan jalanan yah. Untuk jam keberangkatan kalau tidak pagi sekitar jam 6-7an ya sore antara jam 5-6.30 pm. Untuk tiketnya bisa di dapat di pool Budiman di dalam terminal ya guys.

4. Kendaraan Pribadi

Nah, kalau seandainya semua tiket dari Semarang ke Tasikmalaya habis alternatif lainnya kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Kalau biaya dan waktu itu berdasarkan pribadi masing-masing juga ya guys.


Nah, itu beberapa alternatif alat transportasi yang kamu bisa gunakan apabila mau melakukan perjalanan dari Kota Semarang ke Kota Tasikmalaya. Mungkin kalau ada yang kurang pas mohon dimaafkan, karena ini menurut pengalaman pribadi dari saya sendiri.

Buat yang mau jalan-jalan menghabiskan long weekend besok, hati-hati di jalan dan pulang bawa kebahagiaan yah...

Let's be cool, be good and be better.

Comments

Post a Comment

Popular Posts