Musik dan Lagu


                Menurut lo musik itu apa sih? Kalo menurut gw musik adalah hidup gw. Kenapa gw sebut musik adalah hidup gw, karena semua yang gw alamin semua hal yang pernah rasain itu sebgian besar sudah terangkum dalam musik. Sebetulnya istilah musik itu beda loh sama lagu, musik itu (versi gw) adalah suara yang dihasilkan dari alat-alat yang menghasilkan suatu harmoni indah, sistematis dan enak di dengar. Jadi suatu suara yang dihasilkan dari alat (apa aja) dan punya kriteria seperti diatas bisa dikatakan musik. Sedangkan lagu (versi gw) adalah rangkaian kata-kata cantik yang berisi sebuah cerita (ber alur) dan diiringi dengan musik. Lagu sangat beda dengan puisi, meski sama-sama kedua jenis itu bisa diiringi dengan musik. Bedanya kalau lagu itu ada ceritanya dan beralur, keindahan kata-kata nomor dua. Sedangkan kalo puisi kadang (sebagian besar) tidak berisi sebuah cerita tapi lebih ke pendeskripsian sesuatu dan kata-katanya harus indah.
                Tapi kebanyakan orang sekarang ini menganggap lagu adalah musik. Antara lagu dan musik tidak bedanya. Mungkin pernyataan ini ada benarnya juga, karena lagu itu sangat identik dengan musik, antara musik dan lagu tidak dapat dipisah.  Lagu akan menjadi lebih indah kalau diiringi dengan musik, sedangkan musik akan lebih bernyawa kalo diiringi dengan lagu. Yapz, bagi gw kalo musik tidak ada lagunya itu kurang greget dan tak bernyawa. Kecuali musik instrumen, kalo gw bicara soal musik intrumen itu sudah beda lagi ceritanya. Soalnya gw bicara tentang musik pada umumnya.
                Musik itu luas, musik masih bisa dijabarkan lagi dan di bagi-bagi lagi dalam berbagai jenis. Ada jenis musik yang tanpa diiringi dengan lagu sudah bagus dan bernyawa. Ada juga musik yang tanpa diiringi lagu menjadi hampa dan aneh. Kalo lagu menurut gw ga ada kriteria-kriterianya. Soalnya lagu itu bersifat umum. Lagu itu bisa dinyanyikan/dibawakan/ dipadukan dengan musik apa saja tergantung kualitas penyanyi itu sendiri. Ada lagu yang aslinya diiringi dengan musik pop bisa diterapkan dalam musik dangdut. Ada juga lagu yang biasanya diiringi dengan musik jazz classic bisa juga dipadakan dengan musik dangdut. So, menurut gw lagu itu lebih umum dan lebih luas dibandingkan dengan musik.
                Biasanya orang menyebut jenis musik itu dengan sebutan genre musik. Menurut tante wikipedia.org. ada beberapa genre musik. Berdasarkan secara aliran, musik itu dibagi dua yaitu musik seni dan musik populer:
Musik Seni

Musik seni bisa juga disebut musik serius. Kenapa disebut serius? Karena jenis musik ini sangat mengacu pada teori bentuk musik dasar darimana asal musik itu berasal. Musik seni Cuma punya satu jenis saja yaitu musik klasik. Musik klasik itu sangat luas, biasanya mengakar pada tradisi kesenian western, musik kristiani, orkresta dan sejenisnya. Dulu musik ini dgunakan sebagai penyambutan raja atau sebagai musik pengantar lagu gereja, namun sekarang musik ini sudah digunakan untuk keperluan lain.
Musik Populer
                Kalau musik seni hanya mengacu pada teori, sedangkan musik populer tidak terikat pada satu teori saja. Musik populer adalah jenis musik yang sekarang ini sedang digemari oleh masyarakat awam. Musik jenis ini adalah musik yang pas, cucok, sesuai dengan keadaan zaman saat ini. Kalau kita telisik, musik populer adalah musik yang tak lekang oleh waktu. Musik yang compatible dengan segala zaman., karena musik populer dapat diterima oleh semua telinga masyarakat awam dan temanya pas sesaui dengan keadaan sekarang ini. Jenis-jenis musik populer ada banyak banget contohnya, pop, jazz, rock, dangdut, ska, rap dan lain-lain (tidak bisa disebutkan semuanya). :D
Well, itulah yang kiranya dapat gw ungkapkan mengenai musik dan lagu. So, Lets Be Good Be  Cool and Be Better with music.

Comments

Popular Posts