Tips mendapatkan tubuh ideal ala Rikas Harsa (L-Men Of The Year 2010)

tiap orang pasti memimpikan memiliki bentuk tubuh yang ideal. memiliki tubuh ideal memang banyak manfaatnya. salag satunya adalah seseorang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. selain itu memiliki tubuh ideal juga membuat panampilan kita terlihat sempurna. dan tentunya memiliki tubuh yang ideal udah pasti menjaugkan diri kita dari berbagai penyakit sehingga membuat kita terlihat bugar dan sehat sepanjang waktu. tetapi mereka bingung harus memulainya darimana. memiliki tubuh idea memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan, perlu perjuangan yang ekstra. nah, untuk itu kita intip tips dari winner L-Men Of The Year 2010 Rikas Harsa yuuukkk:

Kunci untuk mendapatkan tubuh yang ideal ada 3 hal yaitu : pola makan sehat, olah raga rutin dan istirahat cukup. That's it and No kidding !!!

#1. Pola Makan Sehat
Pola makan sehat adalah pengaturan PORSI & TIMING makan dengan cara mengkonsumsi nutrisi harian yang seimbang . Biasanya kita makan BERAT 3x sehari, sekarang dirubah menjadi 5x dengan porsi RINGAN. Artinya pola makan berubah menjadi sarapan ringan, makan siang ringan dan makan malam ringan. Diantara sarapan dan makan siang diselingi dengan cemilan sehat. Antara makan siang dan makan malam jg sama.

Contoh : # My Daily Menu #
Breakfast     : 5 butir putih telur dan 1 mangkok oatmeal plus L-Men 6 Pack Sweetener
Snack           : 2 L-Men Amino Bar atau Buah Apel + L-Men 2 Go
Lunch           : Dada Ayam Panggang 150g + beras merah + sayuran hijau.
Snack           : 2 L-Men Amino Bar atau Buah Pear / Pisang + L-Men 2 Go
Dinner          : Ikan Bakar + sayuran hijau / green salad + karbo kompleks secukupnya
( Sebelum dan sesudah latihan : 1x serving L-Men Platinum )

Di dalam menu hariannya, pastikan agar mengkonsumsi nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, serat, mineral, vitamin dan lemak baik. Nutrisi seperti ini yang akan membantu pembentukan tubuh menjadi lebih optimal. Banyak yg mengira kalo diet itu dengan mengurangi makan atau tidak makan, itu adalah cara yang kurang tepat.

Sumber protein seperti dada ayam tanpa lemak, daging sapi dan ikan adalah contoh makanan tinggi protein yang baik. Untuk karbohidrat, konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi jalar, oatmeal dan pasta gandum. Buah-buah dan sayuran juga penting dikonsumsi setiap harinya untuk membantu pencernaan dalam tubuh.

 Pola makan sehat juga artinya menghindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng, bersantan dan jeroan. Walaupun ditumis tapi rata – rata masih banyak mengandung minyak. Jadi pilihlah makanan yang dimasak dengan cara di bakar, panggang, rebus atau kukus. Gorengan akan menghambat pembentukan tubuh dan menyebabkan kolesterol yang dapat mengganggu kesehatan.

Makanan menggunakan saus / dressing juga jangan yg berlebihan, ambil secukupnya aja, pisahkan antara makanan dan saus yang digunakan sehingga takaran dapat dibatasi. Saus yang digunakan rata – rata  mengandung garam dan gula , yang konsumsi hariannya harus dibatasi. Apabila penggemar rasa manis, gunakan pengganti gula rendah kalori seperti L-Men 6 Pack Sweetener. Untuk saus lainnya, gunakan juga kecap diet rendah kalori dan rendah sodium.

Tips tambahan :
*Apabila sudah memiliki berat badan ideal = seimbangkan asupan protein (1.5 g/kg sd 2g/kg berat badan) dan asupan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi
*Apabila ingin menurunkan berat badan = asupan / porsi karbohidrat kompleks yang perlu diperhatikan. Asupan protein harian bisa mencapai 1.5g/kg sd 2g/kg berat badan.
*Apabila ingin meningkatkan berat badan = tambah asupan karbohidrat sebelum dan sesudah latihan. Asupan protein harian berkisar antara 1.5g/kg sd 2g/kg berat badan.
*Konsumsilah sayuran setidak tidaknya 2 porsi setiap harinya ( 2 cups )
*Buah juga sangat baik (contoh apel, pear, pepaya) yg dapat membantu memperlancar pencernaan.

#2. Latihan Beban dan latihan Kardio
Selain pola makan sehat dengan nutrisi yang seimbang, lakukan juga latihan rutin seperti latihan beban dan latihan kardio minimal 3-4x seminggu.  Latihan beban berfungsi untuk membentuk otot di area yg lebih spesifik dan latihan kardio (kardiovaskuler) yang baik untuk kesehatan jantung serta pembakaran kalori & lemak dalam tubuh.
Lakukan latihan beban dengan melatih otot yang berbeda – beda. Hal ini bertujuan untuk membentuk tubuh atletis dengan bentuk yang proporsional dan juga memberikan waktu istirahat kepada otot yang dalam proses pemulihan.  Latihan kardio seperti jogging, sepeda, berenang, aerobic, atau skipping adalah contoh yg sering dilakukan.

Contoh # Weekly Program #
Senin (weight training)  : Back + Tricep +abs
Selasa (cardio training   :kardio + abs
Rabu (weight training)   : Shoulder + Leg
Kamis (cardio training)   : Class RPM + abs
Jumat (weight training) : Chest + Bicep
Sabtu (cardio training)   : Sirkuit Training
Minggu                           : OFF

Tips tambahan :
*Apabila sudah memiliki berat badan ideal = seimbangkan latihan beban dan latihan kardio dalam seminggu
*Apabila ingin menurunkan berat badan = prioritaskan latihan kardio dibanding beban dalam seminggu ( contoh 4x kardio {40 sd 60 menit}, 2x beban)
*Apabila ingin meningkatkan berat badan = prioritaskan latihan beban dibanding kardio dalam seminggu ( contoh 4x beban, 2x kardio {15 sd 20 menit} )


#3. Istirahat cukup
Istirahat juga sangat berpengaruh, karena perkembangan otot itu berasal dari asupan nutrisi dan kualitas istirahat yang cukup. Hindarkan begadang, mulailah ke pola rutin yang lebih teratur. Usahakan agar istirahat minimal 7 – 8 jam setiap harinya.  Istirahat yang cukup akan membantu pembentukan otot dan muscle recovery yang lebih baik.

Sebagai tambahan selalu konsumsi susu tinggi protein sebelum dan sesusudah latihan. Sebelum latihan, protein diperlukan sebagai bahan baku untuk pembentukan otot, dan setelah latihan beban protein diperlukan untuk proses recovery otot dan juga pembentukan otot yang baru (muscle hypertrophy). Oleh karena itu, untuk anda yang sedang dalam program pembentukan tubuh, perlu memperhatikan ketersediaan asupan protein dalam jumlah yang cukup.

Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah tranformasi. #SayabisaAndajuga.

G luck guys,

Rikas Harsa
LOTY 2010
#SayabisaAndajuga

nah itu dia kunci mendapatkan tubuh ideal ala Rikas Harsa. lets try it guys.....
#SalamSehat
Be Good Be Coll Be Better

Comments

Popular Posts