Hikmah Menganggur

Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini pasti memiliki hikmah. Menurut pemahaman saya hikmah itu selalu beraura positif. Tuhan telah menciptakan dunia ini dengan seadil-adilnya. Seperti istilah orang China ada Ying dan Yang. Hidup itu harus seimbang.

Pasangan orang buruk tak selalu buruk, begitu juga pasangan orang baik tak selalu baik. Pasangan yang seimbang adalah baik dan buruk. Karena tanpa kedua hal tersebut hidup itu tidak akan seimbang dan pasti akan selalu merasa kurang.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai menganggur. Saya yakin bagi sebagian besar yang hidup di dunia ini pasti menganggap menganggur adalah hal negatif. Saya tidak akan membahas alasan mengapa orang itu menganggur.

Menganggur menurut saya yaitu suatu 'perbuatan' yang dilakukan seseorang untuk mencari pekerjaan yang dianggap 'lazim' oleh sebagian besar masyarakat. Karena kalau kita berbuat sesuatu, (syukur-syukur) menghasilkan uang tetapi tidak melalui pekerjaan yang dianggap lazim oleh masyarakat, maka masyarakat akan memandang kita sebagai seorang pengangguran.

Sebenarnya menganggur itu tidak buruk kok, kalau kita bisa menggunakan waktu yang ada menjadi sangat bermanfaat untuk diri kita sendiri. Berikut saya coba tuliskan beberapa hikmah dari menganggur berdasarkan pengalaman saya:

1. Lebih Intim dengan Keluarga.
Biasanya saya kalau bekerja jarang banget ada waktu untuk keluarga saya. Bagaimana tidak, subuh bangun tidur, pagi berangkat kerja pulang sore kadang malam, kecapean, langsung tidur lagi, terus bangun subuh lagi dan seterusnya. Ada waktu sama keluarga hanya pada saat libur kerja. Itu saja masih terbagi dengan waktu bersama teman-teman. Beda saat saya lagi menganggur. Sebagian besar waktu saya ada dirumah. Disini saya bisa punya banyak waktu untuk keluarga. Bisa bercengkerama dan lebih dekat dengan mereka. Bangun tidur, sarapan bareng keluarga, kalau orang tua lagi butuh kemana-mana bisa nganterin mereka. Sampai malam juga masih bersama mereka.

2. Semakin Hemat.
Ini nih yang menjadi poin penting lagi. Menjadi pengangguran berarti tidak ada penghasilan masuk yang bisa diharapkan setiap bulan. Kalau pun ada pasti jumlahnya sedikit. Oleh karena itu, menjadi seorang pengangguran pasti akan selalu berhati-hati untuk menjaga uangnya supaya tidak cepat habis. Mengurangi hal-hal yang bersifat konsumtif. Mengeluarkan uang berdasarkan prinsip 'prioritas' mana yang lebih penting untuk menyisihkan uang tersebut. Selain itu juga kita bisa lebih menghargai uang. Bagaimana susahnya mencari uang, sehingga kita bisa lebih berhemat. Semoga saja prinsip hemat ini bisa terbawa sampai mendapatkan pekerjaan lagi.

3. Pengembangan Diri.
Ini juga termasuk hikmah dari menganggur. Dengan menganggur kita akan lebih punya banyak waktu untuk belajar. Belajar dirumah dengan membaca dan menonton siaran berita di tv. Atau dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh komunitas-komunitas di sekitar kita. Semakin kita aktif ikut kegiatan yang positif saya yakin kita pasti akan semakin berkembang dan menambah wawasan. Bonusnya bisa menambah relasi.

4. Semakin siap untuk masuk dunia kerja.
Dengan semakin banyak kita belajar dan menata diri kita sendiri menjadi orang yang lebih baik pasti kita akan lebih siap untuk memasuki dunia kerja yang kita idamkan. Dengan waktu yang banyak, artinya kita akan memiliki kesempatan untuk mempersiapkan diri kita untuk bekerja kembali. Mengasah skill dan wawasan kita yang nanti akan diperlukan dalam pekerjaan kita.

5. Semakin Sehat.
Banyak orang yang bekerja yang tidak punya waktu untuk berolahraga. Dulu waktu saya masih bekerja saya sangat iri banget dengan orang yang bisa lari pagi. Atau, kalau saya sedang pulang dari kerjaan saya juga iri banget liat orang bisa lari sore. Dalam hati saya berkata 'andai saja saya bisa seperti mereka pasti bahagia sekali hidupku'. Dengan menjadi pengangguran saya bisa lari setiap hari dan bebas mau milih lari pagi atau sore atau malam. Rajin berolahraga akan membuat tubuh kita menjadi semakin sehat.

Kurang lebihnya seperti itulah beberapa hikmah yang dihasilkan dari menganggur. Saya berharap tidak akan lama-lama menganggur, perlu diingat juga semakin lama kita menganggur kita akan menjadi jenuh. Trust me!!

Tetap semangat ya yang masih menganggur, tetaplah berpikir dan melakukan hal yang positif. Semoga cepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Comments

Popular Posts