Lari Itu....(Dulu, Kini dan Nanti)


Hai, lama sekali gue nggak update blog. Kebetulan mood gue lagi baik nih, jadi gue mau share aja tentang aktivitas gue yang selama ini gue lakoni (tsaahhh) itung-itung buat ngelemesin tangan dan ilusi gue yang entah udah berapa abad enggak nulis hehe..

DULU

Sebelum semua berjalan pasti ada yang namanya pendahuluan. Yaps, gue mau cerita tentang lari gue jaman dulu. Jujur dulu guepas jaman sekolah gue paling enggak suka sama yang namanya pelajaran olahraga. Bukannya takut capek atau gimana, tapi gue merasa emang enggak bakat gitu dalam pelajaran olahraga. Jadi gue selalu merasa enggak bisa dan lama-lama jadi males deh sama tuh pelajaran yang namanya Orkes. Dalam pelajaran Orkes, pasti adalah yang namanya lari, walaupun itu cuma digunakan sebagai pemanasan doing sebelum memulai olahraga lainnya.
Gue dulu inget banget pas jaman SMA, pada waktu ujian praktek Orkes. Dalam ujian praktek itu ada lari sebagai bahan penilaian. Nah, jadi mainnya gini cowo sama cewe harus lari dalam jarak tertentu (gue nggak inget berapa jaraknya coz I feel I don’t care) dan harus finish dalam waktu tertentu. Nah, gue tuh nggak pernah bisa finish dibawah atau pas dengan waktu yang ditentukan, selalu lebih. Sampai diulang dan remedi beberapa kali juga sama, gue nggak pernah bisa mencapai waktu itu. Rasanya sih biasa aja dulu soalnya nilai olahrga gue yang lain bisa mengcover seluruh total nilai ujian olahraga gue. Tapi, walaupun begitu gue enggak benci lari loh.
Jaman gue lulus SMA, gue inget banget pas masa-masa setelah ujian dan penantian ijazah keluar. Itu adalah waktu yang sangat santai bagi gue, soalnya nggak ada kegiatan dan nggak mikir pelajaran. Jadi pas jaman itu, gue sama temen-temen kampung gue yang seangkatan kadang suka jogging-jogging lucu gitu. Yah, meskipun lari 30 menit (5 menit lari, 25 menit jalan sambil ngobrol seru) yang penting olahraga lah itung-itung cuci mata liat yang bening-bening. Hehe.. larinya sih di sekitaran rumah saja, muterin komplek aja.
Masa santai telah berlalu, karena gue disibukkan sama kuliah gue dan temen-temen kampung gue juga udah punya kesibukan sendiri-sendiri. Tahun 2010 gue udah kuliah semester 3, ini adalah tahun dimana gue mulai menyukai olahraga lari. Pertama, gue udah lama banget tidak melakukan keguatan fisik, nafsu makan makin menggila dan otomatis badan gue makin membengkak. Gue dulu ketemu sama kakak kelas gue yang hobby lari, diajaklah gue lari sama dia di salah satu pusat olahraga di Kota Semarang. Inget banget dulu, gue lari baru 2 putaran udah nggak kuat, rasanya pengin mampus. Habis gitu keesokan harinya badan gue pegel-pegel dan kaki gue senut-senut kalau dibuat gerak. Bisa jadi itu terjadi karena gue enggak pemanasan sebelum lari dan pendinginan setelah lari. Tapi, itu malah bikin gue ketagihan 2 hari kemudian gue lari lagi, nambah 3 putaran dan terjadi pegel plus senut lagi. Tapi esok harinya udah enggak. Dan gue lari lagi. Akhirnya gue rutin tiap 2 hari sekali tiap sore gue lari ditempat itu.
Dulu gue enggak pernah sama sekali mikir lari buat ngurusin badan atau istilah kerennya diet. Gue lari dan ketagihan. Soalnya hal yang gue rasain setelah lari itu sangat luar biasa. Gue merasa lebih gesit, lebih berstamina, pikiran lebih fresh, pola makan gue juga teratur sendiri, dan gue merasa sehat banget. Hanya itu yang gue rasakan pas kenalan sama lari jaman dulu. Banyak orang yang menganggap gue lari Cuma untuk diet aja, itu salah besar. Badan gue mulai menyusut setelah gue lari. Hikmahnya, temen-temen kampus gue mau gue ajak lari setelah pulang kuliah. Setelah lulus, meski temen-temen kampus gue udah pada pulang kampung ke pedalamannya masing-masing gue tetap konsisten lari kok.

KINI

Setelah lulus, gue Alhamdulillah dapat kerjaan. Jam kerja kantor gue dulu dari jam 8-17 jadi udah bener-bener nggak ada waktu buat lari. Gue manfaatin weekend gue (sabtu dan minggu) untuk tetap lari. Gue lama-lama merasa suntuk kalau lari sendirian. Gue browsing-browsing di social media ternyata ada komunitas lari dan gue girang banget waktu itu. Tapi saying hanya di Jakarta yang ada, di semarang belum ada.
Tahun 2013, gue ikutan event lari yang diselenggarakan oleh salah satu radio favorit gue. Ternyata di event tersebut kerjasama dengan komunitas lari yang gue ketahui di socmed dulu. Tahu ada komunitas lari di semarang tanpa babibu gue langsung join deh kegiatan mereka. Dulu sih masih dikit banget yang ikut kegiatan mereka. Palingan hanya orang-orang itu aja yang join meski ada member baru yang minggu depannya udah nggak pernah hadir. Alhamdulillah gue betah dengan komunitas ini, karena orangnya asyik-asyik dan superb friendly itu kesan pertama yang gue dapat. Selain itu gue join komunitas ini karena dasarnya suka lari, jadi gue nggak pernah kepikiran seberapapun yang hadir dalam komunitas itu yang penting lari.
Hari berganti hari, bulan berganti bulan dan di tahun 2014 ini, Olahraga lari lagi hits dan melejit banget. Menurutku tahun 2014 adalah tahunnya lari, soalnya sekarang banyak banget event-event lari, komunitas lari menjamur dan makin banyak banget orang yang suka lari. Gue sih seneng banget, soalnya makin banyak banget orang yang suka lari dan teman lari gue bertambah. Jadi mau lari dimana dan kapan aja mudah untuk nyari teman lari. Gue paling nggak suka kalau ada yang bilang gue suka lari karena emang lagi happening dan ikut-ikutan aja. Gue suka lari kan sudah lama banget nggak mulai tahun ini. Tapi bagi lu yang mulai lari sekarang enggak usah takut dibilang Cuma ikut-ikutan, toh manfaatnya juga buat diri lo sendiri dan nggak ada efek sampingnya (efek buruk) sama sekali entah buat lu dan orang-orang sekitar lu.
Gue termasuk masih awam banget soal lari. Gue baru tahu lari yang baik, bener dan aman setelah ikutan komunitas ini. Gue juga mulai meraba-raba bahwa lari itu sangat luas banget. Banyak juga motif seseorang untuk berlari, ada yang pengin kurus, pengin dapet gebetan baru, pengin melampiaskan masalah, pengin ngilangin stress, pengin dapet duit dari lari, lari dari kenyataan  dan jutaan alasan lainnya. Gaya orang berlari juga banyak banget, ada yang lari dengan barefoot, lari di gunung, lari di jalan-jalan, lari di pantai, lari di jalan nggak rata, di pasir-pasir, lari dengan style yang modis, lari dengan gaya ala kadarnya dan jutaan gaya lari lainnya. Gue sih enggak terlalu mikirin dan fanatic sama salah satu motif dan gaya orang berlari, toh sebenarnya yang kita lakukan adalah sama yaitu LARI.
Di tahun ini, event lomba lari juga menjamur bak jamur crispy yang mulai banyak dijual di depan indomaret. Bahkan kalau kita sadari hamper tiap minggu, tiap bulan pasti ada lomba lari, bahkan di bulan puasa kemarintetep aja ada lomba lari, its AMAZING!! Komunitas lari kalo gue perhatiin juga makin banyak, sebanyak penjual mie ayam dipinggir jalan. Hampir tiap kota memiliki komunitas lari, bahkan dalam satu kota kadang ada puluhan komunitas lari. Gue sih seneng-seneng aja, soalnya gue nggak bakal kesusahan nyari temen lari hehe..

NANTI

Berdasarkan fenomena yang gue rasakan sekarang ini, gue berharap semoga iklim lari di Indonesia tetap seperti ini atau mungkin akan lebih rame dan lebih baik. Gue berharap semoga orang yang mulai lari sekarang ini tidak hanya sebagai euphoria saja. Semoga lari bener-bener menjadi gaya hidup (lifestyle) dan bahkan menjadi Life nya semua orang.
Kalau semua orang suka olahraga lari, gue jamin bangsa ini akan lebih baik. Soalnya penduduknya sehat semua, stamina bagus, otaknya fresh otomatis produktivitas juga meningkat. Harapan gue semoga orang-orang bener-bener menjadikan lari sebagai kebutuhan mereka. Pengin banget lihat kondisi Indonesia mendatang kayak diluar negeri, pagi-pagi banyak orang jogging lewat depan rumah, gak hanya satu dua orang doang.
Semoga segala harapan gue terkabul. Keep Be Good, Be Cool and Be Better.

Comments

  1. I FOUND A CLASH OF CLANS GEMS GIVEAWAY! http://clashofclanshelper.com/ - you receive free Clash of Clans gems instantly! It really works! (m8fiuwyMLI)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts