#Tips Menghemat Baterai Android

Akhir-akhir ini banyak sekali yang memakai smartphone, terutama Android. Aku merupakan salah satu pengguna hp ini. Namun sayangnya  baterai sangat boros sekali. Hal ini tidak hanya aku saja yang mengeluh tapi banyak teman-temanku yang mengeluhkan akan hal ini. Meski, aku sudah pakai double power untuk Android, tapi masih saja boros

Setelah baca-baca dan meresapi keadaan ini ternyata penyebab utamanya ada pada penggunaan hape ini. Setelah berulang kali melakukan rekayasa supaya baterainya bisa awet, akhirnya aku menemukan caraku sendiri dan hal ini lumayan juga untuk menjaga ketahanan kehidupan baterai (vickinisasi)

Berikut tips menghemat baterai ala Zac Rydo:
1. Cek status baterai
Informasi status baterai dapat jadi referensi, apa saja yang jadi paling banyak memakan daya baterai sehingga nantinya dapat diatur supaya aplikasi bersangkutan dimatikan atau diminimalkan pemakaiannya.

2. Atur pencahayaan
Pencahayaan adalah salah satu pemakai daya baterai yang paling gedhe. Semakin terang cahayanya semakin boros baterai yang dipakai. Kamu dapat mengaturnya supaya tak terlalu terang dan disesuaikan dengan kenyamanan mata dengan mengaturnya di pengaturan cahaya.

3. Airplane mode
Signal provider merupakan salah satu pemakan daya baterai yang cukup rakus, apalagi kalau signalnya 3G dan seterusnya. Oleh karena itu jika hp sedang tidak digunakan atau emang lagi tidak dalam keadaan urgent biasanya Aku aktifkan fitur ini.

4. Matikan fungsi Sync dan notifikasi
Tips menghemat baterai Android berikutnya  adalah dengan mematikan funsi sync dan notifikasi. Aplikasi-aplikasi biasanya memaksa pengguna Android untuk selalu mengaktifkan fitur notifikasi dan sync. Hal itu juga salah satu pemakan daya baterai yang cukup banyak. Oleh karena itu supaya baterai awet, matikan aja fungsi itu. Jangan takut soal tidak update atau ketinggalan berita, nanti saat kamu membuka aplikasi itu pasti notofikasi bakalan masuk kok.

5. Hapus aplikasi tak dipakai
Sejumlah aplikasi yang terpasang dapat menguras baterai meskipun sedang tak dijalankan. Sebab sejumlah aplikasi akan tetap berjalan dengan tersembunyi pada background.Apabila kamu tidak memakai aplikasi itu, hapus aja. Selain dapat menghemat baterai juga bisa menghemat penggunaan RAM sehingga HP kamu jadi lebih cepet deh.

6. Hanya pakai Widget tertentu saja

Widget pada Home Screen memanglah memudahkan untuk mengakses suatu fungsi. Namun bila Kamu tidak memakai salah satunya, lebih baik widget tersebut dihapus aja. Terlebih Widgetnya yang memaksa HP kamu untuk tetap Online. Be smart and Be wise bro!!
 
7. Jangan pakai Live Wallpapers
Tips menghemat baterai Android yang terakhir adalah jangan menggunakan Live Wallpaper. Live Wallpaper memang membuat home screen keren, namun disisi lain membuat baterai boros. Tenang aja dengan tidak memakai live wallpaper bukan berarti HP kamu tidak keren kok, cuma pake Wallpaper Photo kamu aja sumpah Hp kamu jadi keren banget. serius!!!

Nah itulah tips yang biasa aku gunakan untuk menghemat baterai android. Mungkin bisa kamu jajal, dan semoga bermanfaat. Be good, Be cool, and be better.. cmiaw...

Comments

Popular Posts