#LINIMASSA2 (Nobar in Semarang)


Selamat siang brooo, selamat weekend dan selamat membaca tulisan ini…hehe… well kali ini gw tidak akan cerita tentang kerjaan gw, keseharian gw, keluarga gw, teman-teman gw, tetangga-tetangga gw, tetangganya adiknya ibu gw dan tantenya tetangganya pacarnya temen adik gw…. Yess, kali ini gw akan cerita tentang acara yang gw hadiri tadi malam, mau tahu acara apa itu? Yeay… yaitu acara yang katanya anak gaul zaman sekarang disebut sebagai NOBAR!!! Lo tau lah, apa itu nobar, nongkrong bareng? No!! nopi bareng? No!! lah terus apa dong bro?? yupz Nobar is akronim dari Nonton Bareng a.k.a Nonton suatu video dengan orang banyak, yaa rame-rame gitu lah. Hehe… kalau orang-orang tahunya Nobar itu hanya untuk nonton bola saja, tapi kali ini Nobarnya nonton film..wow, nonton film bareng? Film apaan tuh….hayoooo….. lets read this story…
Nobar kali ini adalah nonton bareng film yang menurut gw kece gilak. Mau tahu film apakah itu? Kalau lo ngaku punya twitter tapi kagak tahu film yang tadi malam gw tonton itu rugi banget loh… secara film yang tadi malam secara serempak diputar diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ini heboh banget di twitter dan promosinya gencar banget disana,.. hmm… masih tidak tahu film yang gw maksud ini? Wow..mending lo deactivated twitter lo aja deh..( kejam banget) hahaha… nah gw tau lo mungkin kemarin kemarin atau tadi malam sibuk banget sehingga nggak konsen buka timeline maka gw baik hati deh buat ngasih clue film apa yang tadi malam gw tonton. Gini aja bro, lo buka twitter lo, klik Search, terus lo ketik aja #linimassa2 . nah setelah itu lo bakal tahu film apa yang gw tonton..haha Yups, LINI MASSA 2 (TIME LINERS 2). Nah denger judul film diatas kira-kira apa yang ada dalam benak lo saat ini? Film horror kah? Film sejarah kah? Or film tentang peperangan? Nah loh? Jujur ya pertama kali gw denger judul film ini (LINI MASSA 2) tuh bayangan gw langsung ke film sejarah yang menceritakan tentang perjalanan seseorang atau sesuatu dari massa ke massa. Namun setelah ada embel-embel TIME LINERS 2, gw makin bingung ini film cerita tentang apa sih? Di sisi lain bayangan gw ke film sejarah disisi lain bayangan gw ke pengguna Time Line twitter, what? Film ini menceritakan tentang status-status galau di TL, ntar kalau status-status gw juga terekspose disini gimana? No..No..No.. terus yang bener mana? Yang pas mana? Wah parah kacau banget deh pikiran gw tadi malam, tapi Cuma bentar doang. -________-“ .
Nah biar pikiran lo makin tersiksa karena curious film ini, gw mau cerita bentar aja tentang alur gw bisa terdampar untuk menyaksikan film ini. Ehem, jadi ceritanya gini, Lo tau @kofindo nggak? Kalau kagak tahu lo cari aja di twitter or googling aja dengan kata kunci @kofindo. Tapi biar tidak terlalu ribet dan rempong, gw kasih tahu aja nih, @kofindo adalah komunitas pecinta film indonesia. Nah komunitas ini tuh eksis di twitter dan facebook dan sering banget ngadain acara-acara offline seperti nonton bareng a.k.a NOBAR (tadi diatas udah dibahas). Kali ini @kofindo ngadain acara nobarnya di Iga Bakar Jogja atau nama lainnya adalah kopitiam. Disini tempatnya cozy banget, yeah gw tahu coz gw udah pernah kesana 2 kali. Yang pertama dulu Nobar juga judul filmnya Kita VS KPK. Dan yang kedua kalinya yaitu Nobar juga dengan judul film Lini Massa 2. Nah waktu @kofindo ngumumin Nobarnya disana gw seneng banget, masalahnya gw udah tahu tempatnya jadi ga perlu bimbang dijalan untuk nemuin tempat yang baru dan berbeda. Acaranya dimulai pukul 18.30 WIB, tapi gw berangkat dari rumah pukul 18.20, gw pikir udah tahu tempatnya jadi bisa cepat kesananya. Namun perkiraan gw salah, dijalan gw ga bisa nyantai karena selain jalanan padat juga balapan sama hujan, secara gw ga pake jas ujan jadi takut aja nyampe sana basah kuyup, ga lucu banget khan? Memalukan lagi… haha… finally gw nyampe sana jam 18.45 wah telat 15 menit pikir gw, tapi untungnya pas gw nyampe sana temen-temen juga baru berdatangan, jadi gw merasa nggak bersalah karena telat deh. Hehehe.. setelah nyampe sana ternyata udah ada beberapa teman yang udah gw kenal dan pernah ketemu, jadi ini khan ceritanya nobar sekaligus kopdar jadi ya banyak wajah baru disana. Waktu gw duduk ada cewek yang gw udah pernah ketemu sebelumnya tapi nggak tahu nama aslinya siapa, just know aja lah… nah mulai gw datang cewek itu bawel banget, komen ini lah komen itu lah. And it is make me so bad mood. Jujur gw udah ga nyaman banget sejak cewek itu ngomong, udah sok OK, ngomongnya juga ga pas. Tapi karena gw orangnya cuek, ya akhirnya gw bisa kontrol diri. At least my friends had came, and pikiran gw agak mulai tenang dan mengalihkan dari ocehan tuh cewek. Sekitar pukul 19.00 lebih dikit para peserta nobar udah berdatangan dan film pun di mulai. Baru main sekitar 15 menit hujan turun, dan lo tau nggak bro? Gimana keadaan saat itu? Yaps keadaanya pecah banget karena nobarnya di outdoor makanya kita agak sedikit basah-basah kena air hujan, makanya filmnya di pause dulu dan lokasinya di pindah di dalam ruangan. Setelah semuanya pada pindah ke dalam ruangan film pun dilanjutkan lagi, tapi mulai dari awal -________-“ . lampu dimatikan dan geez!!! Suasananya jadi keren banget kayak didalam bioskop gitu and I love this situation. Jadi nyaman dan PW (posisi wuenak) banget dalam kondisi seperti itu. Film pun dimulai, nah karena tadi MCnya said kesempatan buat menangin ratusan ribu rupiah bagi yang ikutan live tweet. Nah, gw mau cerita isi film ini dari sini aja.
Waktu opening film dengan title LINI MASSA 2 (TIME LINERS 2) maka gw merasakan seperti yang udah gw ceritain diatas. Startnya sih dari video dokumenter tentang berita yang meliput kekacauan di Molluca (Maluku) pada beberapa waktu silam. Nah pikir gw dugaan gw yang pertama tentang tema film ini benar, yaitu tentang sejarah. Namun setelah ada orang yang menceritakan kebingungannya mau update status di twitter tentang peperangan ini gw makin galau, kok dugaan kedua tentang tema film ini benar juga. Terus? Whats next? Ya terus gw ikutin aja filmnya, baru diawal-awal filmnya gw udah bisa nebak dengan pasti film ini nyeritain tentang apa. Yups jadi film ini awal-awal cerita tentang begitu pentingnya social media such as twitter sebagai media untuk menyampaikan aspirasi dan membentuk suatu movement. Jadi di film ini orang yang bingung mau update status di twitter tadi berhasil meredam kerusuhan disana gegara tweetnya yang provokatif untuk damai. Nah dari twitter ini lah semua orang bisa tahu dan bisa sadar akan pentingnya perdamaian dengan membaca tweet-tweet yang inspiratif. Social media, seperti pisau tajam bermata dua. Disatu sisi bisa membuat lo sangat bermanfaat dan disisi lain bisa membunuh lo, semua itu tergantung dengan apa yang lo tulis, bro.. 
 
Terus cerita selanjutnya tentang sesorang yang meliput tentang suatu Rukun Tetangga (RT) yang sangat inspiratif. Kenapa inspiratif? Karena RT ini warganya 90% sudah menggunakan internet. Hal ini tentunya juga disupport oleh pak RT nya itu sendiri. Dimana RT ini smeua warga mulai dari anak kecil sampai orang tua, emak-emak, bapak bapak semuanya sudah bisa menggunakan internet. Penggunaan internet untuk anak-anak disini tentunya dengan pengawasan dan bimbingan yang tepat dari orang tua masing-masing supaya internet ini digunakan untuk hal-hal yang positi dan informatif. Bukan untuk hal-hal yang negatif karena bisa merusak moral bangsa. Two thumbs up for pak RT dan para orang tua disini deh.
Cerita selanjutnya kita menuju ke kampung seni. Disini semua warga sudah kenal internet. Semua orang disini menggunakan social media such as FB atau FaceBook sebagai media pemasaran. jadi para pembuat batik disini menggunakan Fb untuk jualan online. Bahkan,pasarnya sudah go internasional. Selain memasarkan lewat FB, mereka juga ngeshare all about batik di blog. Mereka juga nggak takut kalau karya mereka ditiru oleh orang lain, karena orang-orang sudah tahu produk mereka. Meski ditiru oleh orang lain, mereka malah senang karena mereka secara tidak langsung juga sudah mengajarkan ilmunya tentang perbatikan :D membudayakan batik untuk semua orang.
Masih banyak cerita tentang internet yang sangat inspiratif di film ini. Ringkasnya saja, tentang bagaimana suatu desa bisa maju dengan internet. Mereka meliput semua kegiatan yang ada di desanya dalam sebuah blog/web. Yah, dari web inilah semua orang bisa melihat proses dan hasil dari semua yang mereka lakukan untuk memajukan desa mereka. Selain itu, web ini juga berguna sebagai wadah komunikasi warga. Mereka sangat antusias membangun dan memajukan desa mereka hanya karena web.
Di daerah laiinnya kita juga disuguhkan oleh cerita yang benar-benar hebat. Dimana disuatu wilayah yang sangat terpencil mereka membangun radio station. Kalau melihat studionya sih, sangat kurang banget. Radio ini digunakan sebagai alat komunikasi warga dengan pemerintahan yang ada di kota. Semua warga bisa menyampaikan aspirasinya melalui radio ini. Wow.. it so usefull. Ada kisah lain mengenai radio ini, jadi suatu hari saluran air didaerah sana rusak. Kalau saluran ini rusak, maka banyak warga yang sengsara. Ada seorang warga yang sengaja memotret kerusakan saluran air ini. Kegiatan-kegiatan warga yang dulu sangat antusias juga masih terdokumentasi dengan baik dengan kamera HP China. Terus orang ini melapor ke radio melihatkan foto-foto itu disana. Dari radio ditruskan ke pemerintahan. Melaui foto-foto tadi pemerintah bisa tahu keadaan yang sebenarnya terjadi disana dan mereka memberikan bantuan untuk perbaikan saluran itu. Untuk warga masyarakat disana mereka tergugah untuk bersemangat memperbaiki saluran itu hanya karena mereka melihat foto-foto waktu mereka membangun dulu. Just with a small things, everything is possible. Tidak perlu menunggu bantuan tangan orang lain untuk mewujudkan impian, hanya butuh satu langkah kecil untuk meraihnya. With a small act u will improve your environment.
Overally film ini sangat bagus bangets. Gunain internet untuk hal-hal yang positif untuk kemajuan bangsa. Gunain social media dengan baik untuk kemajuan lo. Kita generasi muda, Lo maju, bangsa lo juga maju!! Lo diam ditempat, bangsa lo bakal tertinggal!! Lo mundur, bangsa Lo hancur!! Keep moving forward. 
 
Nah kira-kira begitulah ceritanya. Setelah film selesai ada session sharing, disini siapa aja yang berani ngomong untuk share mengenai film tadi, bakal ngedapetin hadiah buku @internetsehat. Nggak lupa poto-poto bareng menjadi agenda dari nobar kali ini. Untuk @kofindo thanks banget filmnya inspiratif banget. Untuk @internetsehat ditunggu LiNi MassA 3 yaaa… untuk teman-teman yang hadir tadi malam salam kenal, gw @ZacRydo.. buruan sapa gw di twitter hehe.. lets Be Cool, Be Good and Be better. 
 

Comments

Popular Posts