berat badanmu naik turun?

bagaimana kabar berat badanmu bro? Beberapa orang, pada fase ini kadang mengalami hal yang disebut plateau. Berat badan udah turun sebelumnya, tetapi tidak bisa turun lagi. Tidak ada hal yang salah dengan itu, dan emang sudah semestinya seperti itu. lo bekerja juga suatu waktu pasti merasa jenuh. Itulah yang terjadi dengan tubuhlo. Berikut gw kasih artikel keren buat ngatasin hal ini:


ZIG ZAG....mungkin istilah ini jarang lo dengar di tempat-tempat fitness. Tidak juga banyak yang menggunakan istilah ini dalam istilah latihan. ZIG ZAG sudah dipergunakan oleh banyak orang yang berhasil dalam program pembentukan badannya. Tetapi kebanyakan orang yang sudah dalam tahap ini, jarang sekali mengajarkan metode ini. Seperti apakah metode zig zag ini? Apa keunggulannya?

Tubuhmu adalah suatu mesin yang sangat canggih, yang mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi dan stress dari lingkungan sekitarnya. Hal itulah yang menyebabkan kamu bisa bertahan hidup sampai selama ini sebagai species unggulan di muka bumi ini. Apa hubungannya dengan metode ZIG ZAG ini?

Ketika kamu berlatih beban dengan berat, otot-ototmu akan rusak, dan dalam proses perbaikannya, otot akan beradaptasi. Semakin sering hal ini terjadi, otot akan beradaptasi dengan membesar. Supaya ketika dia berhadapan dengan beban berat lagi, dia tidak akan rusak lagi. Masalah yang terjadi denganmu adalah cara kamu berpikir sedikit berbeda.Ketika kamu menemukan metode baru, latihan beban, dan berhasil menambah massa otot, kamu keliatan sedikit besar di cermin, kamu akan mengatakan, cara ini bener2 keren, saya cocok dengan cara ini, dan saya akan pakai cara ini lagi. Kemarin saya pakai cara ini otot saya bisa besar, semakin sering saya pake cara ini, otot saya akan bisa lebih besar. Tetapi kenyataannya tidak begitu, dan kamu mulai stress, dan akhirnya berhenti berlatih. Begitu juga yang terjadi dengan orang yang diet, tinggi 160cm, berat 80kg, berhasil turun menjadi 75kg, tetapi pada saat itu, beratnya tidak bisa turun lagi. Berbagai cara sudah ditempuh tetapi ternyata beratnya juga tetapi tidak turun juga. Apa yang terjadi?

Yang terjadi sebenarnya sangat sederhana, badanmu beradaptasi. Badanmu terbiasa dengan diet ketat, sehingga dia bosan dan tidak merespon lagi. Begitu juga yang kemarin makan banyak, otot sudah naik 3kg, tetapi berhenti, itu otot sudah jenuh juga dengan rutinitas yang terjadi. Disinilah kamu menggunakan metode ZIG ZAG ini. Metode ini kamu gunakan untuk menipu tubuhmu supaya dia tetap terus beradaptasi tetapi masih di dalam kontrol.

Yang sudah berhasil menurunkan berat badan dengan cardio, dan diet rendah kalori, kemudian beratnya stop dan tidak bisa turun lagi, bisa mencoba menggunakan metode zig zag ini yaitu dengan cara mengurangi cardio, mulai berlatih beban dengan jumlah lebih besar daripada cardionya, dan mulai meningkatkan kalori (bukan berarti makan bebas dan ngawur). Apabila kemarin diet dan rendah kalori sudah dilakukan selama 3 bulan, gunakan metode zig zag ini selama sebulan untuk meningkatkan kalori, dan targetnya adalah kenaikan berat badan sedikit saja. Kalau kemarin sudah turun 5kg dalam 3 bulan, coba dalam sebulan ini naikkan sekitar 0.5-1kg dengan cara ini. Setelah sebulan ini selesai, balik ke latihan cardio dan turunkan calori sekali lagi.

Dengan cara itu, tubuh akan tertipu, dia akan beradaptasi terus dan kamu bisa mempergunakan respon alami tubuh ini sesuai dengan keinginanmu. Untuk menurunkan berat badan, bisa coba gunakan 3 bulan diet, 1 bulan naikin berat badan dikit, dilanjutkan dengan 3 bulan diet lagi. Jangan diet terus selama 6 bulan secara terus  menerus. Hasilnya akan terlalu lama dan bahkan di bulan-bulan terakhir sudah tidak akan ada penurunan lagi. Itulah yang sering terjadi biasanya.

Comments

Popular Posts